Tuesday, May 14, 2013

How to configure WampServer in Windows 8 : (Forbidden You don't have permission to access on this server) PART 1

    
         Mulai bertambahnya pengguna produk Microsoft pada OS terbarunya yaitu windows 8 Pro. Pihak Microsoft tentunya manambahkan dan juga mengurangi fitur-fitur yang ada guna meng-credibility perusahaan dan usernya. Namun dengan meningkatnya dan perubahan fitur-fitur yang diberikan sehingga banyak program-program lama harus menyesuaikan penggunaan fitur terhadapnya.

     Kendala pertama pada instalasi .Net Framework 3.5 pada Windows 8 Pro, hal ini sangatlah mutlak karena untuk menunjang sopport program aplikasi yang akan di install di Windows 8 tersebut. Bila tidak maka Windows 8 tidak akan merespon penginstalan. Contohnya Program dari Perusahaan Adobe dan Perusahaan  Game terbesar yaitu EA termasuk Wamp Server. Fitur dari .Net Framework menjembatani program yang kita install tersebus, karena program tersebut punya motto yaitu "Ngga ada Lo ngga rame". Canda dikit dari tadi serius beut.

Saya berikan link download .Net Framework 3.5 di bawah ini.



       Bagaimana .Net Framework yang lain apakah perlu di install atau tidak di Windows 8 Pro ? 

Jawabannya, Tidak. Karena konfigurasi Windows 8 cukup membutuhkan .Net Framework 3.5 saja. selebihnya versi bawah .Net Framework ataupun yang terbaru .Net Framerork v4.0 dan v4.5 terserah teman-teman saja. Tapi pengguna selalu menyarankan untuk up to date dong.

         Sebelumnya sedikit ulasan singkat tentang Wamp (Windows, Aphace, PHP, MySQL) adalah merupakan Software yang akan digunakan pada PC ( Personal Computer) atau Laptop yang khusus berbasis OS Windows untuk dijadikan sebuah server yang bersifat lokal atau biasa disebut Localhost.

         Kegunaannya agar kita bisa merancang sebuah website terlebih dahulu pada komputer pribadi (PC) tanpa perlu terhubung dengan server (webhosting) serta membeli domain. Tentunya hal ini bisa mempermudah kita dalam proses belajar membuat sebuah website atau blog.
         Bagi anda yang tidak menggunakan OS Windows, bisa menggunakan Xampp, Appserv dan LAMP yang bisa di install pada komputer berbasis Operation System Linux dan Mac Os. Semua software tersebut adalah gabungan dari beberapa software yaitu Apache, PHP dan MySQL sehingga bisa membuat server lokal (localhost) pada komputer sama seperti web server yang kita lihat pada Internet sekarang. Kita bisa meng-install cms seperti wordpress, Drupal, Joomla dan yang lainnya pada setiap server lokal tersebut, tinggal anda memilih cms yang akan digunakan.
     Nah, masalah yang kita bahas kali ini yaitu tidak compatibelnya konfigurasi pada wampserver di Windows 8. sebelumnya saat saya memakai Windows 7 penginstalan Wamp Server fair-fair aja. muncul seperti ini di Windows 8 :


         Aku langsung ilfill mau kembali ke XAMPP aja, karna saat install XAMPP sebelumnya sudah langsung support di Web Browser. Tapi masalah tentunya masih ada jalan pemecahannya, itu prinsip.

        Ternyata kendala yang biasa dihadapkan terdapat pada penginstalan Apache Service dalam program Wamp Server, berikut ini adalah beberapa Warning Error Software pada tahapan-tahapan instalasi Wamp Server in Windows 8 Pro yaitu :

  1. Warna pada Wamp Server pada Toolbars kanan bawah PC hanya menunjukkan warna orange atau tidak   berhasil meng-access port 80 pada Web Browser.
  2. Pada saat Wamp Server sudah selesai di install, halaman http://localhost atau http://127.0.0.1 memberikan Blank Page atau halaman kosong pada Web Browser User atau juga memberi penampilan mempesona yang bertuliskan Forbidden 404 atau 403 di localhost Anda.
  3. Pada pengaksesan phpMyadmin di Browser atau akses ke ULR http://localhost/phpmyadmin pun demikian seperti point kedua diatas.
        Maka tidak bisa membuka secara otomatis di Web Browser. bisa mengakses sebetulnya, tapi manual seperti yang dilakukan teman Saya saat di Ruang Praktikum Kampus lalu. Dia mengetikkan http://127.0.0.1 lalu enter, gitu doang. Jalan sih tapi merepotkan pengguna.


       Sebenernya banyak permasalahan setelah penginstalan hingga menjalankan hak akses Wamp Server, Penulis membatasi permasalahan yang dibahas pada poin-poin diatas. Ada juga permasalahan seperti di bawah ini beserta link dari temen-temen blogger lainnya beserta penjelasan solusinya. Penulis pun tidak bertanggung jawab penuh atas kesalahan-kesalahan yang terjadi baik Human Error maupun Software Error, karena diluar tanggung jawab blogger penulis sendiri.

Baiklah berikut linknya :

         Baiklah penjelasan permasalahan yang Saya hadapi maupun yang anda hadapi mari kita bahas di PART 2-nya.

3 comments:

  1. Atau bisa juga dengan cara mengganti nama server "localhost" pada file hots yang terletak pada C:\Windows\System32\Drivers\etc.

    caranya buka file hots yang terletak pada C:\Windows\System32\Drivers\etc tadi dengan menggunakan notepad. Lalu cari tulisan:

    127.0.0.1 localhost

    yang ada dalam file hots tadi kemudia ubah nama localhost dengan nama apa saja yang ingin di gunakan. contohnya:

    127.0.0.1 facebook.com

    atau tambahkan saja satu nama server baru di bawah localhost. contoh:

    127.0.0.1 localhost
    127.0.0.1 facebook.com

    setelah itu coba di buka pada browser dengan mengetikan facebook.com maka yang akan muncul adalah halaman localhost untuk wampser.

    NT:
    sebaiknya gunakan nama yang lain. sebab jika menggunakan nama sebuah situs seperti facebook.com, maka facebook sudah tidak dapat di akases lagi. saran saya sebaiknya gunakan namasendiri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, thanks Mas, atas kunjungannya, jg dpt pengetahuan baru, nti tak jajal.
      Pertanyaan: apakah selalu default-nya .Com, tidak yg lain, misal ac.id, dsb ?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete