Sunday, February 12, 2012

Bagaimana Cara Merubah Network Sharing Settings di Windows 7?


       Sekarang, saya akan melanjutkan kembali artikel tentang Networking. Di artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara mengubah pengaturan Network Sharing di Windows 7. Dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya, pengaturan Network Sharing di Windows 7 sangatlah mudah.


Dimana kita bisa menemukan Network Sharing Settings?
       Sekarang, kamu buka Network and Sharing Center, dengan cara klik Start menu, dan ketik "Network and Sharing Center". Setelah terbuka, di bagian kiri akan ada tulisan "Change advanced sharing settings". Klik dan menu lainnya akan terbuka.














Pada jendela "Advanced sharing settings" kamu akan melihat ada 2 kategori. Yaitu "Home or Work" dan "Public". Di komputer saya, saya menggunakan "Public".



Jika kamu klik tanda panah bawah, maka opsi "Public" akan terbuka.


 

Sekarang saya akan menjelaskan semua opsi tersebut, sehingga pembaca dapat memahaminya dengan benar.

Turn On or Off Network Discovery
       Pengaturan pertama diberi nama "Network Discovery". Ketika dihidupkan, komputer akan dapat mencari perangkat yang lain pada network yang kamu hubungkan (Connected). Dan juga, komputer lain akan dapat menemukan komputer kamu.










Turn On or Off File & Printer Sharing
      Selanjutnya, kamu bisa menghidupkan atau mematikan File dan Printer Sharing. Ketika dihidupkan, kamu dapat membagi konten ke komputer lain pada network yang sama. Ketika dimatikan, kamu tidak akan bisa membagi apapun. Walaupun komputer kamu terlihat di perangkat lainnya, tak ada seorangpun yang dapat mengakses file atau folder yang dibagikan.








Turn On or Off Public Folder Sharing
       Satu cara untuk dapat membagi file dan folder adalah dengan memindahkannya ke Windows 7 Public folders. Folder tersebut dapat kamu temukan di 'C:\Users\Public\". Ketika opsi ini dihidupkan, apapun file dan folder yang kamu copy ke folder tersebut akan terlihat oleh komputer lain di network yang sama.









Peringatan: Jangan menghidupkan Folder Sharing jika kamu berada di lingkungan publik yaitu orang umum. Kecuali, jika kamu mempercayai tempat tersebut, kamu dapat menghidupkan Folder Sharing. Jika kamu berada di "Home or Work", kamu dapat menghidupkan Folder Sharing.


Turn On or Off Media Streaming
       Opsi selanjutnya yaitu tentang Media Streaming. Fitur ini membolehkan kita untuk melihat file multimedia seperti gambar, video, dan musik dengan menggunakan Windows Media Player. Untuk mengubah pengaturannya, kamu dapat mengklik "Choose media streaming options...".











Lalu, kamu akan melihat perangkat apa saja yang media streaming-nya dihidupkan. Jika kamu tidak membutuhkan fitur ini, klik "Block All" saja.




Jika media streaming di matikan, kamu akan diminta untuk menghidupkan media streaming. Klik "Turn on media streaming". Lalu, kamu akan melihat opsi yang sama seperti gambar diatas.














Encryption for File Sharing Connection
          Pengaturan selanjutnya yaitu untuk enkripsi koneksi network yang sedang aktif. Secara default, Windows 7 mengatur enkripsi 128-bit.












Turn On or Off Password Protected Sharing
      Password protected sharing membolehkan orang lain untuk mengakses file dan folder yang kamu bagikan (Share) jika orang tersebut mempunyai 'User Account' dan 'Password' yang sudah dibuat di komputermu.










 Mengatur Koneksi HomeGroup
        Di artikel yang lalu, kita sudah membahas fitur HomeGroup secara detail. Secara default, Homegroup mempunyai password yang sama pada tiap komputer yang sudah tergabung. Mempunyai password yang sama tidak direkomendasikan oleh Windows, sehingga kita harus memilih 'Allow Windows to manage homegroup connections'. Agar, Windows yang mengatur koneksi homegroup.




Sekian untuk artikel hari ini. Mudahan, dapat membantu pembaca semua.

0 comments:

Post a Comment