Monday, February 13, 2012

Perintah - Perintah Dasar Network di Command Prompt


      Mulai sekarang, Like Windows 7 membuka topik atau kategori baru, yaitu tentang Networking. Saya akan berusaha untuk memulai dari dasarnya dulu hingga mahir. Jadi, pembaca semua mengerti dan dapat memahaminya dengan baik. Sekarang, kita belajar beberapa perintah dasar Network di Command Prompt.







Untuk membuka Command Prompt, klik Start menu dan ketik "cmd" dan klik kanan cmd.exe pada hasil pencariannya dan klik Run as administrator.

arp -a
Dengan memasukkan perintah diatas, kamu dapat melihat IP (Internet Protocol) dan physical address pada Local Network.



















ipconfig /all
Ini adalah tool yang paling sering digunakan. Dengan memakai parameter "/all" maka kamu mendapatkan informasi yang lengkap tentang DNS, DHCP, dan berbagai pengaturan network akan muncul.



















ipconfig /renew
Perintah ini akan memperbaharui IP yang sudah diterima dari server DHCP dan diterapkan pada komputer kamu. Perintah ini digunakan untuk memperbaiki masalah pada network.


















Gambar diatas adalah perintah yang saya coba gunakan. Karena network saya tidak bermasalah, jadinya tidak ada yang diperbaiki oleh perintah ipconfig /renew

ipconfig /flushdns
Komputer kamu mempunyai tabel yang isinya adalah nama tiap komputer dan IP address dari komputer tersebut. Perintah ini akan menghapus semua data pada tabel. Sangat membantu, jika kamu ingin merubah DNS Servers.



















ipconfig /displaydns
Perintah ini akan memperlihatkan data tabel yang kita bicarakan sebelumnya.



















netstat -nab
Dengan perintah ini, kamu bisa tahu port apa saja yang terbuka di komputer kamu dan file excutable yang telah membuka port tersebut.



















netstat -r
Melihat routing table.



















ping
Cara yang paling cepat untuk mengetahui apakah komputer terhubung dengan network atau tidak. Misalnya kita memasukkan perintah "ping www.google.com".



















Sekian dulu perintah - perintah dasarnya. 3 perintah dasar yang lain akan saya posting untuk hari esok. Jadi, tetap di Like Windows 7...

0 comments:

Post a Comment